SUBANG, KOMPAS.TV – Seorang Kepala Desa di Kawasan Subang, Jawa Barat, mengungkapkan kekecewaannya terhadap kebijakan Pemerintah, terkait bantuan sosial covid-19.

Sang Kepala Desa menilai, pembagian bantuan sosial ini malah membuat kisruh warganya, karena data yang digunakan tidak sesuai dengan yang sudah disiapkan oleh pihak RT dan RW.

Video ungkapan kekecewaan kepala Desa Jalancagak, Subang, terhadap Gubernur Jawa Barat, hingga presiden ini viral di media sosial.

Kekecewaan ini terkait ketidaksesuaian data penerima bantuan sosial dampak covid-19.

Pembuatan video ini bermula ketika para pengurus RT dan RW di Desa Jalancagak, Subang ini datang ke kantor desa.

Mereka datang menemui Kepala Desa untuk mengeluhkan tentang bantuan sosial yang diberikan oleh Pemerintah.

Para RT dan RW ini kecewa lantaran data yang telah diberikan oleh mereka tidak digunakan pemerintah dalam penyaluran bansos covid 19.

Sehingga warga yang sudah terdata mempertanyakan hal ini kepada para RT.

Kepala Desa berharap, pemerintah tetap membagikan bantuan sosial, sesuai data yang sudah diberikan oleh pihak RT dan RW setempat, sehingga pembagian bisa merata untuk warga.

source

42 thoughts on “Viral! Video Kades Protes Soal Kebijakan Pemerintah terkait Bansos

  1. rata2 kan semua d kantor desa udah tenang dan kenyang karna habis makan uang dana jalan2 atau pun lainnya itung2 buat balik modal bos jadi k4des kan kebanyakan main suap jadi y wajar lah…!
    ups….
    hati2 bos nanti keselek…

  2. Sebenarnya keinginan pemerintah pusat Bansos itu harus Tepat dan merata,,,tapi yg di percaya pemerintah daerah yg kurang di siplin dan kurang tepat cara menanganinya,.

  3. Betul banget tuh pak kades…mangkanya untuk daerah kabupaten kususnya dipadalanan tolong dari pemerintah pusat dikros cek ulang …banyak yg nerima tdk tepat sasaran…dan sangat besar peluang untuk dikorup..buat KPK tolong diperketat pengawasannya

  4. lurah gini lurah yang biasa nyatut..cos kali ini mau nyatut takut..sudahlah pak yang jujur..tunggu sampai terealisasi.baru mbacot.

  5. Malu pak..jabatan disalah gunakan
    Ingat smua perkataan.pendengran.mata dsn telinga jg ht nurani mu akan diminta pertanggumg jawaban di hadapan Alloh.

  6. Bismillah
    ..inilah jikalau presiden kita yg terpilih atas hasil dari kecurangan…
    Maka sesungguhnga dia akan menyengsarakan RAKYAT INDONESIA….
    Pada jamann PRESIDEN SBY
    ADA MUSIBAH TIDAK ADA MUSIBAH, BANTUAN TETAP JALAN…
    1..BLT ( BANTUAN LANGSUNG TUNAI=TIAP BULAN TERSALURKAN DENGAN BAIK..
    2..BERAS RASKIN ( BERAS RAKYAT MISKIN .
    3..BPJS sesuai dengan harapan rakyat n mudah untuk berobat n harga BPJS Pun terjangkau..
    Jaman PRESIDEN YG KALI INI
    baru menjabat 5 tahun ( BBM BAHAN BAKAR MINYAK NAIK 10 X)…BPJS NUNGGAK PEMBAYARAN N RAKYATPUN BEROBATBSUSAH..GA ADA BLT,;GA ADA RASKIN, PENGGURAN PULUHAN JUTA SEMAKIN BERTAMBAH,
    "SUDAHLAH"
    JIKA PEMIMPIN KIITA BUAT JANJI, ga usah di dengar,
    JANJI N JANJI, TAPI TAK ADA YG DI TEPATI..
    HARGA MINYAK BUMI DUNIA TURUN DRASTIS, EEHH DI INDONESIA GA TURUN -TURUN, N SANGAT MAHAL HARGANYA DI SAAT RAKYAT SEDANG MENDERITA..NEGARA-NEGARA LAIN SEMUA MENOLAK WARGA CHINA, EEHH INI MALAH MASUKIN TKA CHINA ( mau jadi apa NKRI YG KITA CINTAI INI..?)
    tapi aku percaya, siapapun yg berbuat angkara MURKA DI MUKA BUMI INI, Maka akan hancur n menderita di waktu yg ALLOH SWT TENTUKAN..I
    MARI KITA BERSATU, MAHASISWA, BURUH, PETANI, N SEMUA ELEMEN MASYARAKAT, UNTUK BERSATATU MEMBUAT PERUBAHAN UNTUK NKRI YG KITA CINTAI INI,
    UNTUK SEGERA MENGGANTI PEMIMPIN NKRI INI DENGAN YG BARU,
    Yang amanah, jujur, memiliki ilmu n pemahamannya..serta YANG BISA MENEPATI JANJINYA..
    AGAR NKRI DAPAT KEMBALI MENJADI BANGSA YG ADIL, MAKMUR N SEJAHTERA.. AAMIIN YAA ROBBAL AALAAMIIN..

  7. Sudah biasa PHP rakyat, gak kaget lagi, pemimpin sekarang sibuk pencitraan, bansos dana rakyat dijadikan banpres dengan logo presiden, dibagikan sendiri dijalanan bak santa Claus, rakyat susah, pengangguran bertambah, korban PHK ribuan, terbaru.. pemerintah pusat justru malah mengijinkan 500 TKA cina masuk. Mana peduli nya…
    Rakyat sendiri mudik dicegat polisi, cina datang dipersilahkan.

  8. Saya justru mempertanyakan sikap sebenarnya para kepala desa di daerah trutama subang.karena saya juga mendata dan memeriksa aktipitas kades kades yg sok sok an atas nama rakyat..nyatanya ada kades yg masa bodo dgn warganya bahkan tdk mendata warganya dgn baik dan benar RT RW nya juga banyak yg tidak punya mata dan hatinya rusak..ini pakta terjadi di Purwadadi Subang kades cuek dg warganya yg susah.anti bansos bahkan mengatakan warganya orang mampu smua .banyak yg mampu tp SDH haji tapi pelit dan kimirnya naujubilahiminjalik..jgn ka membantu tetangganya yg kelaparan rumahnya saja tdk boleh di injak tetangganya.kadesnya songong di. Jadi video ini sy hawatir ini drama politik kades..mslh bansos RT RW kades bisa mengaturnya dgn baik kalau jujur..bansos SDH turun dan kades punya data. Kalau g ada KKN antar pejabat desa dan RT RW pada warga tertentu bansos akan sampai tepat sasaran

  9. apa yang di katakan kades ini..semua benar adanya..
    cuman salah nya dia memperotes kebijaksanaan atasan nya..dan dia takut di pecat..sebab itu dia mintak maaf..
    takut jabatan nya hilang..karena jadi kades pun harus mengeluarkan dana yang bukan sedikit..

  10. Presiden RI Joko Widodo :
    "Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Berani Melapor!!!" Ke pihak kepolisian terdekat atau melalui no WA 08111022210 (aduan bansos covid-19).

  11. Yang dukung Jokowi akan menyalahkan kades tsb,yang gak milih jokowi akan dukung kades tsb,kalo di liat dr komen"di bawah kaya nya banyakn yg gak milih jokowi,tapi Jokowi bisa menang jd presiden hidup pak jokowi lanjutkan trus kerja kerja kerja

  12. Di DKI saja sebagai pelaksana Bansos yang dibantu Pusat dan sekota dengan Pemerintah Pusat, pembagian Bansos saja salah sasaran (apakah itu salah Pusat/Jokowi), apalagi kalau di Jawa Barat yang jauh dari Pusat, kecil kemungkinan kalau ketua RT/RW yang bermain, besar kemungkinan yang bermain adalah Bapak-Bapak yang di Atas ketua RT/RW.

  13. Tolong yang jelas arahnya dengan kata Bapak itu, apakah bapak-2 di Provinsi, Kecamatan, kabupaten atau Pemerintah Pusat. Bapak yang peling dekat kalau ketua RT adalah Lurah, kemudian Camat,, Kemdian Bupati/Wali, kemudian Gubernur, Kemudian Pemerintah Pusat. Kalau yang tidak becus para bapak di Bawah Pemerintah Pusat. Apakah ketua RT/RW sangat yakin kalau bapak-bapak mulai dari lurah sampai gubernur semuaya seragam memperhatikan rakyat? Kalau yang dimaksud Pemerintah Pusat, sama artinya seorang anak memprotes kepada kakek buyutnya dan bukan kepada ayah kandungnya..

  14. Jd yg bodoh siapa kepala desa apa pemerintah pusat,udah tau datanya ga sesuai,kenapa diam saja,sbgai kades ya dicek ulang benar ngga data desa dari rt rwnya.jngn gmpang menyalahkan pemerintah pusat yg jelas tolol kadesnya ga mau cape pengen hasilnya dngn duduk manis tnpa kerja.

  15. Solusi buat krisis ekonomi:
    Mulailah bertani di atap rumah & lahan kosong.
    Pemerintah bisa bantu menyediakan lahan & peralatan, mungkin bisa lewat pak RT. Suruh narapidana, bisa juga yang baru dibebaskan, & pengangguran akibat covid19, untuk bertani.
    Hasil panen ini nantinya bisa digunakan untuk masyarakat pada masa krisis ekonomi.
    Tetap bekerja dengan jaga jarak, pakai masker, & jaga kebersihan. Semangat!

  16. Aman dan tenang karna gk ad yg nanyain dana desa πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—

  17. Kades munafik …
    Giliran , ada uang juga blm tentu lu kasih ke warga …
    Jadi aparat itu harus pake akal jangan pake emosi coy …

  18. Dimana" kalo Bantuan Tentu Tidak Semua Dapat , Yg dari Pusat Berpa yg Derah menyesuikan yg harusnya Mendptkn. Kalo Kebalik Ya pasti Pada Ngamuklah Warganya. Hal yg simpel tp bikin Gaduh krna ga tau tata cara.

  19. kebijakan pemerintah ga lockdown menurut saya akan semakin lama indonesia sembuh, buat banyak orang yang bakal kelaparan, semakin banyak penyebaran. Mending kalo diperbanyak rapid test nya mungkin ga akan terlalu banyak yang meninggal !! Cuma himbauan tapi ga ada sembako ya ga akan nurut, pura2 ga liat atw gimana yah kalo psbb ga efektif masih banyak yang keluar rmh. gabisa bikin aturan yang tegas atw gimana ?!! Udah 2 bulan loh ini, masa masih banyak yang belum di kasih sembako. termasuk d daerah saya cimahi selatan. Masa 1 rt cuma 5 kk yang d kasih haha ya d tolak lah sama warga !! orang yang terkena dampak semua dan lebih banyak warga menengah kebawah. CEPET SADAR WOY… SEBELUM BENER BENER TERLAMBAT !!!!

  20. Sangat setuju,karna di media pemerintah seperti menyakinkan warga bahwa akan ada bantuan,padahal bantuan hanya untuk mereka yang tidak mampu yang sudah terdaftar sebelum pandemi ini berlangsung..jadi ini bukan bantuan untuk korban pandemi Corona,melainkan bantuan untuk keluarga tidak mampu di masa normal..sementara kartu prakerja rumitnya minta ampun,karna banyak kelas pelatihan yang sudah di bayar ternyata sampe saat ini pun tidak melakukan kegiatan.sehingga calon anggota kartu prakerja yang sudah melakukan pembayaran harus bersabar tanpa tahu kapan pelatihan akan di lakukan.padahal semakin cepat pelatihan mereka ikuti maka semakin cepat juga peluaang mereka mendapatkan intensif.. Yang kita tahu sendir bhwa intensif ini akn digunakn untuk biaya hidup,bukan untuk hura2..tolonglah pak presiden,bantulah masyarakat dengan sungguh2..toh kita tidak pernah meminta bantuan setiap tahun sama bapak,tapi karna keadaan seperti ini sehingga mau tidak mau kita mengharapkan bantuan dari pemerintah .kita sudah patuh dengan arahan bapak,diam diRumah hampir 2 bulan,tanpa penghasilan,harus buat sewa tinggal ,makan tapi apa feedback balik pemerintah untuk kita..

  21. Hanya ada di negara +62
    😁😁😁😁😁😁😁😁😁😁
    Pemimpin nya jago PHP pendukung nya DUNGU AKUT
    πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

  22. Seharusnya pak kades ini ada di dalam jajaran pemerintah,orang yg ikut mengatur penyaluran bansos itu sendiri.jika sinergisitas dirasa kurang ya koordinasikan dengan pemerintah secara baik2,bukan lantas di viralkan.kalo masyarakat yg ga puas itu wajar,kalo anda yg ga puas itu justru tanda tanya…

  23. Tolong Orang" yg HEBAT !πŸ™.. jangan Anggap ini "PEMBANGKANGAN" (😁biasanya Yg Vanatik pasti Otak nya MARAH🀭) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>